arsip photo eva

arsip photo eva
on my account

Selasa, 13 Desember 2011

terbaru : microsoft office 2007 di linux

akhirnya: microsoft office 2007 di linux

Akhirnya aku berhasil menginstall Microsoft Office 2007! Ini screenshotnya (powerpoint):
Powerpoint di ubuntu 8.04 hardy heron
Apa yang aneh dengan instalasi Microsoft Office 2007 ini? Aku menginstallnya di linux di laptopku. ubuntu 8.04 hardy heron. Akhirnya, dengan wine versi 1.0, Microsoft Office 2007 bisa diinstall dan dijalankan, walaupun ratingnya masih Bronze di appdb, yaitu masih butuh trik tertentu untuk bisa diinstall. Installnya aja yang agak susah, setelah diinstall dapat berjalan dengan lancar, walaupun masih ada beberapa glitch.
Aku menginstallnya dengan cara yang diberikan di halaman appdb, yaitu sebagai berikut:
  • Prerekuisit:
    1. Linux terinstall, dengan X dan wine 1.0 terinstall (kalo bisa fresh install atau dengan prefix yang bersih). Kalau di ubuntu hardy heron, bisa pake apt-get install wine
    2. Berkas-berkas instalasi Microsoft Office 2007
  • Langkah Instal:
    1. Jalankan winecfg (kalo dari Gnome di hardy, pilih Applications – Wine – Configure Wine), ubah versi windows menjadi Vista, dan jangan lupa di tab ‘Drives’, klik ‘Autodetect’ untuk mendeteksi CD-ROM drive (kalau berkas instalasi ada di harddisk, tidak perlu melakukan hal ini).
    2. Unduh (download) winetricks dari http://www.kegel.com/wine
    3. Jalankan di direktori tempat winetricks disimpan: sh winetricks msxml3 dotnet20 gdiplus riched20 riched30 vcrun2005sp1
      untuk menginstall beberapa library yang dibutuhkan.
    4. Ubah nama berkas ~/.wine/drive_c/windows/system32/rpcrt4.dll menjadi rpcrt4.dll.bak, download rpcrt4.dll dari http://www.mediafire.com/?njtut9aswdk, simpan di tempat rpcrt4.dll di folder system32.
    5. Buka kembali winecfg, pada tab ‘Libraries’, tambahkan override untuk rpcrt4.dll biarkan pada ‘(native, builtin)’
    6. Jalankan setup.exe dari berkas instalasi Microsoft Office 2007, dan ikuti langkah instalasi. Pada layar progress bar instalasi, progress bar akan seakan berhenti pada sekitar 60%, tunggu saja, dan instalasi tetap berjalan.
    7. Setelah instalasi selesai, hapus file rpcrt4.dll dari folder system32, kembalikan file rpcrt4.dll asli (ubah namanya dari rpcrt4.dll.bak menjadi rpcrt4.dll), dan buka winecfg, hapus override rpcrt4.dll
    8. Dengan winecfg, ubah kembali versi windows menjadi XP
    9. Microsoft Office 2007 sudah terinstall, dan dapat dijalankan. Silahkan dijalankan dari Applications – Wine – Programs – Microsoft Office (jika integrasi wine diaktifkan), atau dari ~/.wine/drive_c/Program Files/Microsoft Office/Office12.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar